Senin, 21 Mei 2012

tugas room attendant sebelum masuk kamar tamu

“MENATA PERLENGKAPAN DAN TROLLEY”

Tugas anda sebagai pramugaha sangat rumit dan luas. Waktu  yang tersedia cukup terbatas. Oleh karena itu berusahalah menempati waktu dan menggunakannya dengan efektif dan efisien.

Persiapan diri (Penampilan)

 
Yang dimaksud  dengan penampilan room attendant /maid adalah penampilan dari segi fisik maupun mental yang dapat dipertanggung jawabkan perwujudannya, baik kepada tamu, atasan, maupun sesama karyawan dan sikap yang sopan, ramah dan siap melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

Dalam melaksanakan tugas anda berhubungan langsung dengan tamu. Untuk itu jagalah kebersihan dan kerapihan anda dari ujung rambut sampai ke ujung kaki.

Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :
·         Berpenampilan rapih dan bersih serta sopan
·         Rambut pendek diatas kerah
·         Bagi wanita bila rambut panjang harus diikat/digelung
·         Tidak mengenakan assesories yang berlebihan
·         Tidak menggunakan make-up yang berlebihan
·         Tidak berkumis/berjenggot
·         Kebersihan tangan, kaki, badan tidak berbau, kuku tidak diperbolehkan panjang
·         Kebersihan gigi

Gunakan uniform yang sesuai (right size, good quality, clean and good condition,)  dan digunakan hanya untuk kerja

1.      Persiapan Peralatan:
        Sebelum ke floor/sectionnya   masing-masing, mengambil kunci kamar di Housekeeping Office dan mengambil roomboy sheet dengan muka jernih    dan cerah. Lalu mempersiapkan peralatan kerja yang meliputi : formulir pramugraha (roomboy sheet), kunci kamar, pulpen atau pensil,  buku catatan (block note) termasuk linen dan guest supplies, dan menempatkannya dengan rapi ke dalam room attendant trolley. Khusus untuk penempatan linen di dalam room attendant trolley cukup untuk setengah hari kerja saja, dan sisanya akan disiapkan kembali setelah jam istirahat. Disamping itu juga perlu juga disiapkan guest supplies, untuk mengganti guest supplies yang dipakai tamu dalam kamar. Taruhlah guest supplies  di dalam room attendant trolley, dan jangan membawa guest supplies terlalu banyak,  bawalah guest supplies secukupnya saja..  Sebelum room attendant mempersiapkan  linen, guest supllies atau perlatan kerja, mereka harus memeriksa kondisi dari pada trolley (andai kata ada kerusakan,  cepat segera dilaporkan kepada supervisor)  dan membersihkan trolley tersebut. Susunlah penempatan linen & guest supplies di dalam  room attendant trolley  sesuai dengan standard dan prosedur yang telah ditetapkan.
Dengan kesiapan tersebut, seorang roomboy/maid  dapat mulai bekerja dan memeriksa semua kamar  yang akan dikerjakan . Kondisi atau status kamar itu di tulis dalam formulir pramugraha, kemudian dilaporkan atau dicatat oleh atasan atau penyelia (floor supervisor)

2.     Menata Perlengkapan

 
Berdasarkan  hasil pemeriksaan  kondisi atau status kamar, seorang pramugraha dapat menghitung jumlah tempat tidur yang akan dibersihkan, ini bearti bahwa jumlah lena yang diperlukan dapat diketahui. Berdasarkan jumlah lena yang diperlukan, seorang pramugraha melengkapi kereta pragmugraha (Room Attendant trolley)
Kereta kerja pragmugraha, atau disebut “Room Attendant Trolley” adalah kereta yang sangat penting  fungsinya dan digunakan oleh pramugraha dalam melaksanakan pekerjaan.
Di dalam kereta ini seluruh keperluan untuk membersihkan dan melengkapi kamar tamu disimpan sesuai dengan kebutuhan.  Dengan demikian trolley cart digunakan untuk dapat menciptakan cara kerja yang efektif dan efisien, dan oleh karenanya roomboy/maid dapat membawa sekaligus seluruh peralatannya..

Persiapan untuk seluruh perlengkapan yang harus dibawa dengan trolley cart tersebut diatur sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan pragmugraha di dalam mendapatkan alat yang diperlukan.  Pekerjaan untuk menyiapkan kelengkapan trolley cart harus dilakukan oleh pramugraha sebelum dan sesudah waktu kerja mereka.

Barang-barang keperluan kamar yang dipersiapkan dalam trolley cart adalah :

Linen Supplies       
§  Double sheet (sprei untuk double bed)
§  Single sheet (sprei untuk single bed)
§  Pillow case (sarung bantal)
§  Bath towel (handuk mandi)
§  Hand towel (handuk tangan)
§  Face towel (handuk muka)
§  Bath mat/Bath Rug  (keset untuk di kamar mandi)

Perlengkapan tamu (guest  supplies)
·         Bath soap
·         Hair shampoo
·         Bath foam
·         Tooth brush & paste
·         Tissue
·         Toilet paper
·         Shower cap
·         Sanitary napkin
·         Sanitary bag/disposal bag
·         Sewing kit
·         Matches
·         Candle
·         Stationary kit  :
(envelope, writing paper, postcard, cable gram, memo pad,   guest comment slip, ball point  brosur, stiker dll)         

Others supplies  :
(Laundry bag, laundry cleaning list, room service menu, door knob menu, Do Not Disturb sign, telephone tend card, folder/hotel promotion, TV/video programme, sewing kit, formulir lain yang diperlukan

Room Supplies
·         Asbak
·         Gelas minum
·         Bola lampu, dsb

 
Semua isi trolley itu diatur dengan rapi serta dikelompokkan pada masing-masing rack trolley.  Dengan teraturnya isi trolley itu, berarti seorang pramugraha dapat dengan cepat dan tepat mengambil barang  yang diinginkan.  Di beberapa hotel, kereta pragmugraha dilengkapi dengan sejumlah lena oleh pramugraha yang bertugas/evening/petang atau yang bertugas night/malam hari.
Jenis serta jumlah lena, perlengkapan tamu (guest supplies) alat serta bahan pembersih mungkin tidak sama antara hotel yang satu dengan yang lain,  Dengan kereta pramugraha (room boy/maid troley) yang lengkap ini, pragmugraha siap memasuki kamar  membersihkan dan menyiapkan :
§  Sebelum penempatan lena dan setelah selesai membersihkan kamar (pada saat storing) dusting-lah trolley terlebih dahulu sehingga trolley benar-benar terjaga kebersihannya.
§  Penempatan lena, guest supplies, alat serta bahan pembersih, dalam kereta  harus seragam dan konsisten.      
§  Secara berkala roda trolley harus diberi pelumas agar lancar pada saat didorong, dan tidak menimbulkan suara yang tidak enak.


Gbr. Room Attendant Trolley Cart



Gadget, Stationaries

    Linen
    Humper

Blanket

Bath Mat


Others
  
     Garbage 
      Humper
   

Bath
Towel

Hand
Towel


Face
Towel



Double Sheet


Pillow Cases


Single Sheet


      Pail






















Cleaning Bucket
 
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar