Rabu, 23 Mei 2012

CONTOH SURAT LAMARAN KERJA SOPAN


SURAT LAMARAN PEKERJAAN YANG SOPAN DAN LENGKAP

Contoh-contoh surat lamaran pekerjaan sebagian besar terbagi menjadi dua kategori besar. Dua kategori besar tersebut dilihat dari contoh surat lamaran pekerjaan berpengalaman dan tidak berpengalaman, serta contoh surat lamaran pekerjaan dilihat dari media pengiriman surat.


Untuk kategori pertama, contoh surat lamaran kerja dibuat dengan dua bagian dasar, yaitu contoh surat lamaran pekerjaan bagi mereka yang belum memiliki pengalaman kerja, dan contoh surat lamaran pekerjaan bagi mereka yang telah memiliki pengalaman kerja.


Untuk penulisan isi surat lamaran kedua bagian kelompok tersebut memiliki kriterianya tersendiri, bisa Anda lihat dalam contoh surat lamaran pekerjaannya nanti. Demikian halnya dengan contoh surat lamaran pekerjaan kategori kedua, yaitu surat lamaran pekerjaan dengan dua cara pengiriman, yaitu surat lamaran pekerjaan melalui jasa Pos dan surat lamaran pekerjaan yang dikirim via email.


-noviana-setiawan.blogspot.com- Khusus isi contoh surat lamaran pekerjaan untuk semua kategori di atas memiliki kesamaan pedoman. Yang membedakan format penulisan contoh surat lamaran pekerjaan yang dikirim melalui Pos dan melalui email. Jika melalui Pos, surat lamaran bisa Anda tulis hingga beberapa paragraf, tetapi jika via email surat lamaran tidak bisa dibuat panjang karena keterbatasan kapasitas penerimaan email.


Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan menulis surat lamaran yang baik dan benar, bisa Anda perhatikan dalam contoh surat lamaran pekerjaan. Berikut tips yang bisa Anda terapkan ketika menulis surat lamaran, berdasarkan dari contoh surat lamaran pekerjaan yang ada:
·         Kalimat yang efektif. Jika menulis surat lamaran, hindari kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Seringkali terjadi penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal.
·         Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas, dan padat. Gunakanlah bahasa yang sederhana dan ringkas. Anda mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.
·         Menarik minat calon atasan. Jangan sepelekan kesan pertama. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria Anda.
·         Menyebutkan kualifikasi yang diraih. Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa Anda mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.
·         Kerapihan. Gunakanlah kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah robek. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tipe-x.
·         Perhatikan komposisi surat. Dalam pembukaan surat lamaran sebutkan bagaimana Anda mengetahui informasi tentang lowongan kerja tersebut. Ceritakan secara singkat posisi atau pun pekerjaan Anda saat ini. Tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Dalam bagian penutup tinggalkan kesan yang kuat bahwa Anda benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan tersebut, serta tak lupa mengucapkan terima kasih. Semua tips tersebut bisa Anda lihat dalam sebuah contoh surat lamaran pekerjaan.
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan – Kumpulkan Contoh Surat Lamaran
Berikut beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda jadikan rujukan ketika akan menuliskan surat lamaran pekerjaan. Contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini memuat surat lamaran bagi yang belum bekerja atau belum punya pengalaman, bagi yang telah bekerja atau sudah memiliki pengalaman.


Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Bandung, 3 Agustus 2011
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Hand’s Parmantindo
Jl. Raya Bumi Sentosa No.5
Cibinong

Dengan hormat,
Bapak Bambang Satrio, seorang asisten editor di PT. Hand’s Parmantindo, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan Departemen Finansial PT. Hand’s Parmantindo. Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri melamar kerja untuk bergabung dalam rencana pengembangan PT. Hand’s Parmantindo.
Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut:
Nama                    : Santi Putriawati
Tempat & Tgl.Lahir  : Bandung, 5 Juli 1978
Pendidikan Akhir    : Sarjana Akuntansi Universitas Pancasila – Jakarta
Alamat                  : Perum Bojong Soang Baru , Blok D No.07, Bandung 40122
Telepon                  : (022) 701223576/ 08179854203
Email                     : santi.putri@yahoo.com
Status                   : Menikah
Saat ini saya bekerja di PT. Flamboyan Bumi Singo, sebagai Staf Akuntansi dan perpajakan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang finance dan perpajakan.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1.      Daftar Riwayat Hidup
2.      Foto copy ijazah S1
3.      Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4.      Pas foto terbaru
Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya memunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.
Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

Santi Putriawati
***
Contoh 2
Jakarta, 4 Agustus 2011
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No.11
Jakarta Timur

Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di Harian Kompas tanggal 1 Agustus 2001. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.
Data singkat saya, seperti berikut ini:
Nama                     : Benny Kasmanto
Tempat & Tgl.Lahir   : Bukit Tinggi, 19 Februari 1980
Pendidikan Akhir      : Sarjana Manajemen Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA)- Jakarta (Konsentrasi manajemen Pemasaran)
Alamat                    : Perum Bumi Sentosa Blok A.5 Bekasi
Telepon                    : (021) 87914990/ 0815965
Email                      : benny_kas07@yahoo.co.id
Status                     : Menikah
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar Belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:
1.      Daftar Riwayat Hidup
2.      Foto copy ijazah S1 dan transkrip nilai
3.      Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
4.      Pas foto terbaru
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Benny Kasmanto
Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Memiliki Pengalaman Kerja
Contoh 1
Manajer Pemasaran 
Jl. Komando III/56
Karet Setiabudi
Jakarta Selatan 12920

28 Februari 2007
Yth.,
Bapak Ardi Sanjaya
Vice-President Of sales
PT. Fastron Electronic
Jl. M.H. Thamrin Kav. 12A
Jakarta Selatan


Dengan hormat,
Bersama surat ini saya ingin mengajukan diri untuk bergabung dengan PT. Fastron Electronic, karena latar belakang dan pengalaman saya dalam mengembangkan departemen pemasaran mungkin akan berguna bagi perusahaan ini.
Seperti yang telah dijelaskan dalam resume terlampir, saya telah berkarir di PT. Bakrie Electric selama 10 tahun, dimulai dari tingkat trainee hingga mencapai jabatan Manajer Pemasaran. Setiap tahun saya selalu sukses melakukan peningkatan jumlah nasabah baru, mengelola nasabah yang sudah ada agar tetap menjadi nasabah yang setia, seerta membuka kembali pasar yang sebelumnya telah tertutup.
Sebagai Manajer Pemasaran, saya bertanggung jawab dalam bidang perekrutan, pelatihan dan penyeliaan atas lebih kurang 120-an Staf penjualan di Jakarta, serta bertanggung jawab terhadap penjualan di wilayah Jawa dan Bali.
Saya menantikan kesempatan untuk bertemu Anda, di mana saya akan mejelaskan potensi dan kemampuan diri saya secara lebih terperinci dan mendalam. Saya bisa dihubungi di 021-7756729.

Hormat saya,

Faisal Mustafa
***
Contoh 2

Kargo/Transportasi
Jl. Setiabudi No.15
Kebayoran Baru
Jakarta 565200
Phone: (021) 1566667
20 Januari 2008
Head Of Human Resourcess Dept.
PT. Indonesia Federation Express
Jl. Kesejahteraan No.54
Jakarta Selatan 12922


Dengan hormat,
Melalui surat ini saya mengajukan diri untuk bekerja di perusahaan Bapak, karena saya berkeyakinan bahwa pengalaman saya di bidang manajemen transportasi akan mendapat perhatian dari Bapak.
Seperti yang termuat dalam curriculum vitae terlampir, saat ini saya telah menjabat sebagai manajer transportasi udara di PT. Fast Cargo selama lima tahun. Dalam posisi tersebut, saya telah berhasil mengembangkan wilayah pelayanan baru untuk jasa pengiriman kargo ke lima negara di Eropa.
Besar harapan saya agar bapak sudi memberikan kesempatan wawancara agar dapat menjelaskan kemampuan dan potensi diri saya secara lebih mendalam. Karena saat ini masih berstatus sebagai karyawan di suatu perusahaan, saya akan sangat berterima kasih jika hal ini dijaga kerahasiaannya.
Terimakasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

Bambang Suripto

1 komentar:

  1. Bet on the spread nfl public betting on the NFL - AOGINDH123 dafabet dafabet 제왕카지노 제왕카지노 바카라사이트 바카라사이트 33512 sure odds today

    BalasHapus