Senin, 21 Mei 2012

Berbagai Lipatan Napkin

LIPATAN NAPKIN ( SERBET )

A.    Pengertiandanfungsilipatanserbet
Melipatserbetmakanataunapkin foldingadalahsuatucaramelipatserbetmakan, agar mejamakanterlihatindahdanmenarikseleramakanbagi yang melihatnya. Fungsidarilipatanserbetmakanadalah:
1.   Menghiasmejamakan
2.   Menghiasruangmakan
3.   Menarik selera makan

B. Jenis dan teknik lipatan serbet
Jenis-jenis lipatan serbet makan banyak ragamnya, namun untuk memudahkan dalam pembuatannya itu dibedakan menjadi 2 yaitu:
1.      Lipatansquare (lipatan dari dasarlipatansegiempat)
Contoh: oriental fan, double fan, bishop hat, banana, rose, sail boat dan diamond.
2.      Lipatantriangle (lipatan dari dasarlipatansegitiga)
Contoh: triangle, candle, rosebud, the crown, the French dan the cone.
Lipatanserbet yang menarikakanmempermanistatananmejamakan. Ada banyak model lipatanserbet.Namun, sebelumdibentukmenjadilipatanrumit, adalipatandasarnya, yaitutigalipatan (three folding) ataudualipatan (two folding).Tigalipatanyaitumenangkupkanserbethinggamenjaditiga.Dualipatanhanyamenangkupkanserbetmenjadidua.
Dalampenataanmeja, serbet yang sudahdilipatcantik, ditempatkan di tengah-tengahpiring.Namun, bilatidakadapiring, serbetdiletakkantepat di depan. Supaya bisa dibentuk menjadi berbagai macam model, disarankan untuk menggunakan serbet berbahan katun. Bahan ini tergolong kokoh, tidak mudah pecah saat dibentuk sedangkan bahan lain tidak sekokoh katun. Sementara untuk ukuran, bisa memanfaatkan serbet dengan ukuran berapa pun. Asal berbentuk bujur sangkar.

Berikut ini ada beberapa model lipatan serbet yang bisa diaplikasikan.



1 komentar: