Senin, 21 Mei 2012

DEVINISI BUFFET SERVICE

Pengertian buffet
       Buffet  adalah suatu rangkaian meja panjang yang digunakan untuk penghidangan makan, kue dan minuman yang diatur sesuai jenisnya, dan tamu dapat mengambil makanan dan minuman sesuai seleranya sendiri.
Diantara jenis pelayanan yang ada, “Buffet service” ini kelihatanya paling dikenal dan paling banyak digunakan.
Pelayanan ini tidak terbatas hanya di restaurant, tetapi di hotel hotel yang memiliki departemen Banquet yang khusus melayani suatu function untuk berbagai jenis acara sering menggunakan Buffet service didalam pelayananya.
Ciri khas buffet service adalah  :
·         Semua makanan, dari makanan pembuka sampai makanan penutup disusun di atas meja panjang,panjang meja tergantung dari banyaknya makanan yang dihidangkan.
·         Bentuk meja prasmanan tidak selalu memanjang tetapi dapat berbentuk S, T, I, L, E, U, V .
·         Meja Buffet dihias secara indah menggunakan skirting ( kain berwiron untuk menghias pinggiran meja ), selain itu makanan juga ditata dengan baik, dengan menggunakan patung atau patung es sebagai Master piece.





Perencanaan suatu Buffet
Di dalam suatu perencanaan buffet dapat dilihat dari dua kepentingan yaitu :
A. Untuk suatu restaurant yang menggunakan Buffet service ada beberapa hal   yang harus diperhatikan :
1.  Fasilitas ruangan yang tersedia
  untuk suatu restaurant yang memiliki ruangan kecil,akan sulit menggunakan buffet service karna dibutuhkan ruang besar didalam penyelenggaraan buffet service.
2.  menu yang disajikan                             
     Di dalam suatu buffet service susunan menu makanan merupakan suatu hal penting untuk menarik pelanggan, karna billa makanan yang disajikan menarik dan lezat tentu akan mengundang banyak tamu yang akan datang ke restaurant.
3.  Perhitungan beaya penyelenggaraan buffet service
     untuk suatu restoran perhitungan beaya perlu diperhatikan untuk penyelengaraan buffet service, karna bila keuntungan yang didapat tidak sesuai atau rugi restaurant dapat menghentikan buffet service, jadi kita dapat melihat apakah produk yang kita jual disukai olh tamu bila tidak kita dapat mengganti dengan yang lain untuk mengurangi beaya.




B. Perencanaan didalam suatu function
        Untuk merencanakan sebuah meja buffet diperlukan kordinasi yang baik dengan pelanggan dan permintaan pelanggan harus diperhatikan. Hal hal yang harus diperhatikan didalam menerima permintaan tamu sebagai berikut :
v  Jumlah tamu yang akan dilayani.
v  Harga makanan/minuman untuk setiap tamu
v  Waktu ( kapan acara akan berlangsung )
v  Tempat/lokasi dimana meja buffet ditempatkan
v  Menu dan jumlah makanan serta penyusunan
v  Jumlah,ukuran dan bentuk meja yang tersedia
v  Warna kain meja yang diinginkan tamu
v  Hiasan yang diperlukan sesuai dengan tema acara atau hiasan lainnya atas permintaan tamu

Perhitungan biaya
        Didalam pembuatan buffet kita harus melihat menu apa yang akan hidangkan, dengan  mengetahui jenis menu yang akan dihidangankan dapat ditentukan alat alat yang dipakai, tenaga yang dibutuhkan,serta biaya yang diperlukan. Jadi biaya perencanaan dapat diperkirakan sebelumnya

Penataan ruang dan dekorasi

           Di dalam suatu penataan buffet perlu diperhatikan ruang dan dekorasi yang akan digunakan. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang harus diperhartikan antara lain yaitu :
v  Seberapa besar ruang yang akan digunakan untuk suatu buffet service, karna mempengaruhi alur kerja dari pelayanan tersebut. Apabila ruang tersebut kecil, kemungkinan buffet yang digunakan juga tidak terlalu besar.
v  Untuk pendekorasian kita lihat jenis acara yang akan berlangsung untuk menentukan jenis dekorasi yang sesuai event, misalnya acara perkawinan dimana untuk pendekorasian diperlukan banyak bunga atau dapat dipasang ice carving di buffet utama.
v  Di dalam menentukan posisi buffet kita dapat menetukan sendiri letak buffet atau pemesan yang menentukan sendiri  letak buffet, tapi perlu diingat jangan sampai buffet berada dekat denagn pintu masuk atau keluar karna akan menimbulkan hambatan untuk keluar masuk
v  Buat buffet sesuai jumlah tamu yang akan hadiir, karna bila tamu undangan mencapai 1000 orang, bila hanya membuat satu atau dua buffet akan menimbulkan antrean panjang pada saat mengambil makanan,jadi buatlah sesuai procedur yang telah ditetapkan dan juga pisahkanlah antara makanan utama, makanan pembuka, dan penutup agar tidak terjadi penumpukan disatu tempat.

Bentuk dan alat hidang

         Seperi kita ketahui sebelumnya bahwa bentuk buffet berbagai macam yaitu :
Ø  Bentuk  S                               Bentuk  L
Ø  Bentuk  T                               Bentuk  E
Ø  Bentuk   I                                Bentuk  U
Setelah mengetahui bentuk buffet sesuai dengan pemesanan tamu kitadapat membuat meja buffet dengan meja meja yang memang khusus digunaklan untuk buffet seperti meja  square, round , oblong table. Setelah itu kita beri table cloth dan skirting agar buffet tampak indah.
Alat alat yang digunakan untuk menunjang penyajian yaitu ;
-       cheffing dish : alat yang digunakan untuk penyajian makanan yang tetap panas saat disajikan dan menggunakan pemanas untuk tetap panas.
-       Alat pengambil : digunakan untuk mengambil makanan.
-       Food name tag : gunanya untuk memudahkan tamu untuk mengetahui jenis makanan yang akan diambil.
-       China ware & cutleries : alat untuk makan dan pengambilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar