“AKSES KE KAMAR
UNTUK PELAYANAN”
1.
Status Kamar
Kondisi
atau keadaan kamar itu ditulis dengan kode atau simbol, yang umumnya hampir
sama untuk semua hotel.
Kode atau
Simbol (Istilah Status Kamar)
OC (Occupied )
|
:
|
Kamar tersebut ditempati oleh tamu
|
V (Vacant )
|
:
|
Kamar
itu sudah kosong namun belum siap dijual karena belum dibersihkan.
|
VC
(Vacant Clean )
|
:
|
Kamar
itu sudah kosong dan sudah dibersihkan namun
belum siap dijual
|
VCI
(Vacant
Clean Inspection)
|
:
|
Kamar
itu sudah kosong, sudah dibersihkan dan sudah diperiksa oleh supervisor,
sehingga kamar siap untuk dijual
|
CO
(Check Out)
|
:
|
Tamunya
meninggalkan hotel /kamar dan sudah membayar rekening
|
SO
(Sleep Out)
|
:
|
Tamu
hotel itu diluar ( tidak menempati kamar yang disewa )
|
DD
(Don’t Disturb)
|
:
|
Tamu tersebut tidak mau diganggu
|
DL
(Double Lock)
|
:
|
Kamar
tersebut dikunci dua kali sehingga tidak bisa dibuka dengan kunci kamar
|
OOO
( Out of Order )
|
:
|
Kamar
tersebut tidak bisa dijual, karena ada kerusakan
|
Housekeeping
extra items:
§
Extra
bed
§
Baby
cot
§
Iron
& iron board
§
Transpormator
§
Con
plug
Berdasarkan
hasil pemeriksaan kondisi atau status kamar itu, seorang pramugraha bisa
menghitung jumlah tempat tidur yang akan dibersihkan. Ini berarti , bahwa jumlah lena yang
diperlukan bisa diketahui
2.
First Checking
Tujuan
dari first cheking ini adalah untuk memeriksa keadaan status kamar secara nyata
(riil) dengan status kamar berdasarkan
data dari Print Out Computer, pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh floor
supervisor atau room attendant dipagi hari sambil mengecek cucian tamu (guest
laundry)
Prosedure
first checking:
·
Sebelum mengetuk pintu/bel harus
diperhatikan ada tanda Don’t Disturb Sign atau tidak. Karena
kamar-kamar dengan tanda-tanda tersebut tidak boleh diganggu/diketuk/bel.
·
Setiap mau masuk kamar harus mengetuk/mengebel dengan menyebut
roomboy, checking minimal 3x walaupun kita yakin kamar tersebut tidak ada
penghuninya.
·
Kalau tidak ada jawaban, buka pintu
pelan-pelan dengan mengucapkan excuse me periksa keadaan kamar dengan seksama, berapa tempat
tidur yang dipakai oleh tamu dan apakah ada kerusakan –kerusakan yang
ditemukan, kalau ada cepat laporkan kepada Floor Supervisor untuk dibuatkan WO
dan segera dikirim ke Engineering.
·
Kamar kosong (vacant:) periksa apakah
segala sesuatunya dalam keadaan baik dan komplit
·
Kamar Check-out : periksa apakah ada
barang-barang hotel yang terbawa oleh tamu atau apakah ada barang-barang tamu
yang tertinggal, kalau ada cepat laporkan kepada floor supervisor untuk caeapt
di follow-up, juga diinformasikan ke housekeeping office.
·
Kamar yang tamunya ada didalam kamar, supaya tamunya tidak
tersinggung, tanyakan apakah ada
Laundry/cucian yang akan dikirim ke
Laundry.?
·
Kamar yang tamunya Sleep Out, laporkan
kepada Floor Supervisor agar di Double Lock oleh Duty Manager.
·
Kamar yang ON/Occupied no luggage.
Andaikan tidak ketemu sendiri sama tamunya, laporkan saja sebagai check out
room..
·
Setelah selesai melakukan pemeriksaan, catat hasilnya pada
Room Attendant sheet, dan segera laporkan kepada Floor Supervisor. Diwaktu menyalin ke dalam Room Boy sheet,
dicatat juga hal yang perlu dari kamar-kamar tersebut.
|
Doronglah
kereta ke depan pintu kamar yang akan dikerjakan. Letakkan kereta sejajar
dengan corridor, jangan sekali-kali menaruh kereta dengan posisi melintang. Usahakan agar kereta tidak menyentuh tembok
kamar.
Bila
kereta itu tertutup pada satu sisinya, hadapkan bagian yang terbuka ke pintu
kamar, supaya mudah mengambil dan menaruh perlengkapannya. Setelah kereta ditaruh dengan tepat, ketuklah
pintu kamar dengan punggung jari, ketuk jangan terlalu keras dan jangan terlalu
lembut. Ketuk pintu 3 kali, sambil menyebut identitas diri
atau departemen anda.
|
Kalau tidak ada jawaban, ulangi lagi
untuk yang kedua dan ketiga kalinya.
Bila tidak ada jawaban pula,
masukkan kunci di pintu dan bukalah pintu perlahan-lahan. Andai kata ada tamu yang tertidur tutuplah
kembali pintu secara perlahan-lahan, bila ternyata tamunya tidak ada gantunglah
tanda pramugraha pada pegangan/tombol pintu sebelah luar.
Apabila waktu anda mengetuk pintu
ada jawaban dari tamu dan menyuruh anda masuk atau pintunya dibuka oleh tamu,
sapalah tamu itu dengan sopan dan ramah.
Kalau anda sudah mengetahui nama
tamu tersebut sapalah dengan menyebut namanya.
Lanjutkan dengan permintaan untuk
mengerjakan kamarnya.
Contoh :
“Selamat pagi ……….,
Bolehkah saya mengerjakan
kamar bapak sekarang ? atau
Good
morning ……… May I clean your room now
?
Setiba
anda dalam kamar tamu, periksa semua bola lampu, dengan cara menyalakan
kemudian mematikannya. Laporkan atau catat bila ada lampu yang mati.
Periksa semua perlengkapan yang lain seperti TV, AC, Refrigerator, dll catat
dan laporkan kalau ada kerusakan.
Buka
draperis dan set temperatur AC pada posisi normal/sedang.
|
Ambil sampah dari kamar dan kamar
mandi, buang sampah ke dalam kantong plastik yang ada di garbage humper pada
kereta trolley. Sebaiknya sampah
dimasukkan ke dalam kantong plastik jika disediakan,
|
Bila
ada pakaian tamu yang hendak dicuci, hubungi bagian binatu melalui telepon,
atau langsung diantar ke bagian binatu (sesuai dengan ketentuan yang
berlaku). Jika harus diantar oleh
pramugraha, periksa dan cocokanlah dengan daftar cucian yang telah diisi oleh
tamu.
Hal-hal yang perlu diperhatikan Pada saat tamu ada di
kamar
(When
The Guest in the room)
Mintalah maaf jika menggangu tamu, dan
tanya kapan waktu yang tepat bagi anda untuk kembali lagi dan membersihkan
kamar.
Jika tamu sedang tidur, tinggalkan
kamar secara perlahan . Jika anda menyalakan lampu, matikan lampu tersebut
kembali.
Jika anda mendengar suara yang menunjukkan bahwa tamu ada di kamar mandi
dan mungkin tidak mendengar anda, tinggalkan kamar secara perlahan.
Jika tamu tersebut dapat mendengar anda dari kamar mandi, mintalah maaf dan
bilang bahwa anda akan kembali lagi nanti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar